Selasa, 18 Oktober 2011

Kuda Laut - Pejantan yang Melahirkan Anaknya


Inilah ikan yang tak memiliki sisik, tapi memakai 'baju perang' yang terbuat dari tulang keras untuk melindungi tubuhnya. Saking kerasnya, Anda tak mungkin bisa menghancurkannya dengan tangan, meski telah mati dan kering. Ia juga memiliki kemampuan kamuflase untuk mengelabui musuh yang ingin memburunya.
Ikan unik ini kita kenal dengan nama Kuda Laut. Unik karena tak seperti ikan lain, kepalanya membentuk sudut siku-siku dengan tubuhnya. Kepalanya mampu mengangguk ke atas dan bawah, namun tak bisa menengok kanan-kiri. Ia bisa melihat sekeliling dengan matanya yang mampu bergerak bebas.
Kuda laut juga memiliki sistem berenang yang sangat khusus. Ia bergerak naik-turun di dalam air dengan cara mengubah isi udara dalam kantung renangnya. Jumlah udara di dalam kantung renang telah ditetapkan secara amat teliti. Jika sedikit saja terjadi perubahan, maka tubuh kuda laut akan terhempas ke dasar laut dan mengalami kematian.
Sisi paling menakjubkan dari kuda laut adalah bahwa yang berperan dalam kelanjutan reproduksi justru si pejantan. Ya, pejantanlah yang melahirkan anaknya, bukan si betina. Kuda laut jantan memiliki kantung perut yang besar dan pembuka seperti celah di bagian dasar perutnya yang tidak dilapisi baju zirah. Kuda laut betina meletakkan telur-telurnya langsung ke dalam kantung perut ini dan kuda laut jantan membuahi telur saat dijatuhkan. Lapisan dalam kantung perut menjadi seperti spons dan dipenuhi dengan pembuluh darah, yang penting memberi makan telur. Satu atau dua bulan kemudian, kuda laut jantan melahirkan bayi-bayi kuda laut kecil dari dalam dirinya sendiri.
"Allah pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah". Lalu jadilah ia." (QS Al-Baqarah:117)
Sumber: Ar-Risalah Januari 2006

Tidak ada komentar:

Posting Komentar