Selasa, 18 Oktober 2011

Perkembangan Generasi Komputer

Assalamualaikum... Untuk artikel kali ini Saya ingin mengetengahkan sebuah artikel dengan Kategori "Tentang Komputer" yang berjudul "Perkembangan Generasi Komputer" perkembangan Komputer dari masa-kemasa, waktu-kewatu, generasi-kegenerasi terus menerus berkembang pesat untuk memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, perkembangan Komputer dibawah ini telah dirangkum menjadi empat generasi berdasarkan pada komponen yang digunakannya.

Generasi Pertama
Sejarah awal diciptakannya sebuah Komputer pada generasi pertama yaitu pada saat perang dunia kedua, yang diciptakan oleh seorang Insinyur yang bernama Konrad Zuse Pria asal Jerman pada tahun 1941, yang pada waktu itu hanya digunakan untuk mendesain Pesawat Terbang dan Peluru Kendali yang ukurannya hampir menyerupai sebuah Rumah, perkembangan Komputer lain pada waktu itu adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) yang diciptakan oleh John Presper Eckert pada tahun 1919.

Ciri Generasi Pertama
Pada Komputer generasi pertama diidentikan dengan sebuah instruksi operasi yang dibuat secara spesifik untuk melakukan tugas tertentu. Teknik ini memungkinkan Komputer untuk berhenti pada saat tertentu dan kemudian melanjutkannya kembali. Ciri lain Komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum yang membuat Komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar. Setiap Komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut bahasa mesin.

Generasi Kedua
Pada masa ini didukung dengan ditemukannya transistor pada tahun 1948, yang resmi digunakan pada Komputer sejak tahun 1956, perubahan ukuran Komputer yang semakin mengecil berkembang pesat setelah adanya penemuan lain seperti pengembangan Memory Inti Magnetik, yang pertama kali di produksi oleh IBM dengan skema peluncuran yang bertahap hingga tahun 1960 yang semakin terlihat bahwa perkembangan Komputer bertujuan untuk komersial.

Generasi Ketiga
Untuk generasi ketiga diawali dengan munculnya IC (Integrated Circuit) yang ditemukan pada tahun 1958 oleh seorang ilmuwan asal Texas yang bernama Jack Kilby, sebuah komponen yang dibutuhkan Komputer agar ukurannya bisa lebih kecil, meningkatkan kinerja yang dihasilkan serta mengurangi suara bising dan mudah panas seperti Komputer pada masa sebelumnya, pada bagian Software mulai dikembangkan teknik-teknik pemograman sehingga bahasa pemograman yang terus bertambah.

Generasi Keempat
Di generasi keempat ini telah ditemukan sebuah komponen yang bernama LSI (Large Scale Integration) pada tahun 1980 yang dilanjut dengan ditemukannya sebuah produk dari turunannya pada tahun 1980-an yang bernama VLSI (Very Large Scale Integration) yang memiliki keunggulan hebat yaitu dapat memuat ribuan komponen pada satu chip bahkan hingga jutaan komponen pada produk selanjutnya yang bernama ULSI (Ultra-Large Scale Integration) pada tahun-tahun selanjutnya.

Penekanan Biaya
Dengan adanya penemuan-penemuan tersebut mungkin akan membuat harga Komputer lebih terjangkau khususnya bagi kalangan masyarakat menengah kebawah. Seperti sebuah Komputer yang dibuat pada tahun 1971 yang bernama Chip Intel 4004 yang diproduksi dengan harga terjangkau, seiring dengan waktu perkembangan Komputer sebagai alat pemrosesan data semain berkembang pesat, mudah-mudahan untuk generasi-generasi mendatang teknologi ini semakin bagus.

Demikian artikel ini Saya buat yang semata-mata hanya untuk berbagi dari informasi yang Saya dapat kepada Anda semua, mohon maafkan apabila ada beberapa kata atau kalimat yang tidak berkenan di hati Anda, untuk kategori ini Insya Allah Saya akan memperluasnya dilain waktu, untuk kritik, saran dan masukannya silahkan tuliskan pada komentar Anda, agar setiap artikel yang Saya tuliskan dilain waktu bisa lebih baik lagi. Terima Kasih Wassalamualaikum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar