Sabtu, 22 Oktober 2011


Tahukah anda, ukuran kertas A4 dan F4 Bola Dunia berbeda dengan Setting Size MS office? Akibatnya apa?
Mungkin semua sudah tahu kertas A4 dan F4 yang sering kita pakai sehari-hari baik di kantor maupun di rumah, ternyata ukuran real kertas yang biasa kita beli pakai tidak sesuai dengan ukuran dari pabrik yang tertera di bungkusnya serta dengan ukuran dari setting-nya di MS Office 2007.
Ukuran kertas adalah sebagai berikut :
Jenis Kertas
Size dari MS Office
Ukuran Dari Hasil Pengukuran Manual
Ukuran  Dari Keterangan Pabrik
Keterangan
A4
(21,0 x 29,7) cm
(21,1 x 29,7) cm
(21,0 X 29,7) cm

F4
(21,59 x 35,56) cm
(21,1 x 33,0) cm
(21,5 x 33,0) cm
Size Legal Di MS Office
Nah sekarang apa yang terjadi jika kita mau nge-print akan tetapi kita men-setting ukuran kertas di MS Office tidak sesuai dengan ukuran kertas dari hasil pengukuran manual? Ya…benar!, hasil print kita tidak akan maksimal dalam arti rata kiri, rata kanan, atas dan bawah akan aneh. Mungkin bagi sebagian orang ini tidak masalah akan tetapi bagaimana dengan yang sebagian lainnya? yang dalam hal ini membutuhkan ketelitian dan kerapian dalam pengetikan dan pencetakan…tentu ini adalah masalah besar. Pengalaman saya dulu sewaktu mencetak tugas akhir, saya lupa belum tahu untuk setting awal yang bener, langsung saja saya pilih A4 hasilnya memang gak jauh beda, tetapi begitu saya rubah ke kertas dengan size legal dan saya menggunakan kertas F4…hasilnya payah. Saya harus ng-edit lagi…capek juga khan.
Kemudian pengalaman kejadian yang lain pada saat mencetak gambar kotak dengan ukuran yang saya inginkan misalnya membuat kotak berukuran (3 x 4) cm, jika saya tidak setting ukuran kertas yang saya pakai sesuai dengan ukuran kertas aslinya hasil pengukuran maka ukuran kotak hasil print tidak akan sesuai…buktikan saja sendiri kalau tidak percaya!
Saran saya, sebelum kita ngetik, apalagi mau ngetik Tugas Akhir yang sangat banyak halamannya harap disetting dulu ukuran kertas yang digunakan dengan benar sehingga kita tidak kerja dua kali sewaktu nge-print.
Sekian dulu, jika ada yang ingin memberikan masukan silahkan. Semoga bermanfaat. Terimakasih
Oya, bagaimana dengan ukuran setting kertas di MS Office 2010 yaa? mungkin sudah ada yang mencoba?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar