Senin, 28 November 2011

AUDIO SPEKTRUM ANALIZER PADA WINAMP

Apa itu Audio Spektrum Analizer???
Merupakan suatu diavis yang mampu memecah intensitas dalam tiap – tiap spektrum frekuensi. Teknologi ini sudah banyak digunakan pada alat elektronik yang kita pakai sehari –hari, baik menggunakan sistem analog maupun digital.
14
a. Sistem Digital
Dalam sistem digital ini digunakan metode tranformasi fourier, yaitu suatu transformasi dari variabel kompleks ke suatu bentuk lain. Persamaan dari Transformasi Fourier dinyatakan dengan persamaan :
22
Pers. (1) disebut sebagai fungsi asal, sedangkan pers. (2) sebagai fungsi hasil dari transformasi fungsi asal.
Transformasi ini bersifat reversibel .
Inti dari transformasi ini yaitu adanya perubahan dari asalnya domain α menjadi domain x.
Coba perhatikan gambar di bawah ini:
31
gambar di samping, menyatakan transformasi dari yang tadinya dari domain berbasis waktu menjadi domain berbasis frekuensi.
Bagaimanakah komputer mengolah data gelombang di atas?
jawabnya adalah dengan bentuk diskrit dari transformasi fourier (integral diatas di ubah menajdi notasi penjumlahan). Kemudian dari proses ini gelombang akan terpecah menjadi spektrum penyusun penyusunya sehingga hasilnya dapat kita nikmati di audio player kesayangan kita seperti di winamp yang keluar sebagai garis-garis spektum frekuensi dari file audio yang kita mainkan.
b. Sistem Analog
Sistem analog menggunkan filter Low Pass dan High Pass filter ini menggunakan rangkaian Resistor-Capasitor sebagai sistem utamanya seperti terlihat seperti gambar di samping. Filter ini tentu saja tidak berdiri sendiri karena bahasan kita adalah spectrum analiser, maka filter-filter ini berkerja berdampingan dan menyaring frekuensi yang berbeda-beda kemudian hasilnya dapat di lihat pada monitor yang menggunkan LED (untuk melihat seberapa besar tingkat intensitasnya).
41
5
Bersarnya Frekuensi yang diloloskan oleh rangkaian RC adalah seperti pada persamaan diatas. Jadi dengan mengkombinasikan banyak nilai resistor-capasitor maka kita akan dapat memperoleh berapa frekuensi yang kita inginkan untuk kemudian di ukur berapa besar intensitasnya.
Secara umum, proses terjadinya spektrum analizerr digambarkan dengan diagram di bawah ini:
6
Keterangan :
-Input audio : input ini dapat berupa microfon atau keluaran alat musik lain.
-Filter Rc : filter frekuensi seperti gambar di atas.
-Penguat : berfungsi sebagai penguat dari keluaran filter
-Monitor : untuk menampilkan tampilan visual spektrum frekuensi dari suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar