Jumat, 02 Desember 2011

Membuat ebook untuk blog dalam format pdf secara online

Setelah sekian lama bergelut dengan blog sejak tahun 2007, mulai kepikiran gimana untuk mendokumentasikan blog-ku ini, sempat aku coba menggunakan htttrack, teleport dan aplikasi download situs lainnya. Namun untuk membuat harcopynya tentu membutuhkan waktu dan keterampilan jari-jemari untuk mencetak arsip blog yg lumayan banyak itu.
Setelah berguru ke Mbah Google, akhirnya aku direferensikan ke www.blogbooker.com yang menyediakan fasilitas untuk mendokumentasikan blog kita dalam bentuk ebook yang selanjutnya bisa dicetak melalui printer dengan mudah.
———————————–
Sebelumnya kita harus melakukan export file XML yang berisikan postingan dan comment yang akan didokumentasikan. Lalu tentukan postingan dari bulan-tahun berapa sampai dengan bulan-tahun berapa ? misal dari Januari 2007 s/d Desember 2007
how ?
Log in ke (dalam hal ini aku pake wordpress)
masuk ke dashboard
pilih tools

klik menu export

pilih filter (utk memilih postingan dari & sampai dengan bulan/tahun berapa dls)

klik tombol download export file

save file XML ke PC kita (diinget2 lokasinya mas bro n mbak sis)
———————————–
Selanjutnya ?
Kunjungi www.blogbooker.com

Pilih layanan blog yang kita pake (saya pake wordpress)

Masukan File XML hasil export dari blog kita
Ketikkan URL alamat blog kita
Klik tombol Create your blogbook
Tunggu beberapa saat (prosesnya cukup memakan waktu, sabar dan pastikan koneksinya lancar) hingga mendapatkan file dokumentasi blog kita dalam bentuk ebook dengan ekstensi pdf.
Bisa dibaca kapan saja, dimana saja pake netbook, PC ataupun HP yg mendukung pdf viewer atau bahkan dicetak lalu dijilid dengan hardcover … trataaaaaaa … jadi dech buku blog kita.
Selamat mencoba !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar