Senin, 26 September 2011

perbedaan edge dan umtasApa Perbedaan Antara UMTS dan EDGE? Beberapa hari lalu ada visitor bertanya melalui email, mengapa internet saya sangat lambat? Artikel inilah salah satu penjelasannya. Persoalan internet lambat sangat tergantung dari banyak faktor dan salah satunya adalah jenis layanan yang sedang anda gunakan. Secara khusus bagi yang menggunakan layanan nirkabel, walaupun anda menggunakan pake unlimited, masih ada hal lain yang harus anda perhatikan. Kita akan membahas salah satunya disini.
Apa Perbedaan Antara UMTS dan EDGE? Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) dan Enhanced Data Rates untuk GSM Evolution (EDGE) adalah dua versi yang bersaing untuk teknologi komunikasi mobile. Namun persaingan merekapun akhirnya patah dengan munculnya sebelum munculnya HSDPA. UMTS dan EDGE keduanya merupakan generasi ketiga (3G) teknologi komunikasi dengan fitur baru dan kemampuan yang memajukan pilihan untuk ponsel, terutama mereka yang menggunakan Global System for Mobile Communications (GSM).
Umumnya, sistem ini berbeda terutama dalam kecepatan dan cara bahwa pengguna mengakses jaringan yang mengirimkan sinyal radio. Biasanya, data rate maksimum untuk EDGE adalah hanya 236 kilobit per detik (kbps) yang berarti sangat lambat digunakan berinternet. UMTS jauh lebih maju denga memiliki tingkat maksimum transmisi data 3,6 megabit per detik, mengalahkan sistem yang lebih tua mentransfer data di 384 kbps. Perbedaan kecepatan tidak nyata pada panggilan suara, tetapi sangat berbeda saat digunakan di laptop dan ponsel Web-enabled. Ada perbedaan kecepatan antara keduanya.
Teknologi yang mendasari jaringan EDGE adalah transmisi Time Division Multiple Access. General Packet Radio Service (GPRS) adalah perangkat tambahan baru untuk EDGE yang memperluas kemampuan untuk menangani multimedia pada kecepatan yang lebih tinggi. Penyebaran UMTS bergantung pada transmisi lebih aman Wideband Code Division Multiple Access untuk penanganan lalu lintas transmisi data. Jaringan EDGE mampu kecepatan yang layak untuk pesan teks dan grafis. Jaringan UMTS menggunakan High Speed Packet Access di tingkat rate yang mendukung transfer file besar dan aktivitas Internet mobile data-intensif seperti video dan musik streaming.
Operator komunikasi seluler menggunakan berbagai frekuensi radio, berdasarkan teknologi dan wilayah di dunia. Meskipun International Telecommunication Union (ITU) telah menetapkan 800, 900, 1800 dan 1900 sebagai frekuensi standar GSM di seluruh dunia, jaringan UMTS di Amerika Serikat (AS) dapat menggunakan 5 MHz pada band GSM ini. Mayoritas operator UMTS beroperasi pada frekuensi radio 1700 dan 2100 MHz, sedangkan EDGE menggunakan jaringan GSM frekuensi normal quad-band.
Evolusi yang cepat dari UMTS telah membuatnya menjadi lebih dominan dari dua teknologi sebelumnya.
UMTS sepenuhnya kompatibel dengan teknologi komunikasi mobile GSM yang paling banyak digunakan di dunia. Kebanyakan UMTS handset saat ini di pasar adalah perangkat dual-band yang bagus dan dapat beralih ke sistem GPRS untuk transmisi data.
Jadi ketika modem nirkabel anda sangat lambat, perhatikan layanan yang muncul apakah masih UMTS ataukah EDGE. Jika anda jauh dari sumber signal maka biasanya yang muncul adalah EDGE dan dengan demikian anda pasti tahu jawaban mengapa internet anda lambat. Artikel selanjutnya adalah penjelasan HSDPA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar