Rabu, 28 September 2011

Sejarah Software Browser

Pertama kali jika anda ingin terhubung ke internet,maka anda harus menggunakan sebuah software browsing yaitu perangkat lunakuntuk mengakses WWW (world wide web) yang anda cari. Sotware browsing yang umum digunakan orng yaitu internet explorer,mozila firefox,opera,netscape,safari,koqueror. Software ini menawarkan fitur-fitur yang berbeda,tapi yang umum digunakan hanya internet explorer,mozila firefox,dan opera. Ketiga software inilah yang banyak digunakan orang dan umumnya tersedia diwarnet-warnet,karena memiliki fitur lebih aman dan menarik dibanding lainnya
1. Internet Explorer
Internet Explorer ( IE/MSIE) Microsoft internet explorer,adalah sebuah software browser web propriter yang gratis dari Microsoft. Namun saat ini Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi ter-update untuk semua platform kecuali Windows Xp.
Windows Xp sp 2 keluaran mirosoft beberapa lama ini menambah beberapa fitur keamanan penting kepada Internet Explorer,termasuk firewall windows yang sudah di update dan pemblokir pop-up. Upaya ini dilakukan untuk meredam kekhawatiran mengenai spyware yang telah menyerang explorer dengan berat. Microsoft menganjurkan untuk mengupdate Ms. Windows (melalui Windows update) secara berkala.

2. Mozila Firefox

Mozila firefox (aslinya bernama Phoniex dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai mozila firebird) adalah penjelajah web antar platform gratis yang dikembangkan oleh yayasan mozila dan ratusan sukarelawan. Pada tanggal 9 november 2004 Firefox merilis versi pertama yaitu versi 1.0.
Melalui Firefox,yayasan mozila bertujuan untuk mengembangkan sebuah browser web yang kecil,cipat,simple,dan sangat bisa dikembangkan. Fitur popular firefox adalah pemblokir pop-up yang sudah terpasang didalamnya,dan sebuah mekanisme pengembangan (extension) untuk menambah fungsionalitas tambahan. Software ini compatible untuk windows maupun linux.

3. Opera
Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak internet antar platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk internet seperti penjelajah web,serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo,norwegia. Opera dapat dijalankan di sistermoperasi MS Windows,Mac,OS X,Solaris,FreeBSD,dan Linux. Pengembangan Opera dimulai pada tahun 1994,kala itu opera merupakan sebuah proyekpenelitian di telenor,perusahaan telekomunikasi terbesar di norwegia. Hingga juli 2006 Opera mencapai versi 9 yang bisa didowload secara gratis. Selain dalam bentuk broswser web,opera juga hadir dalam bentuk mobile yang bisa dijalankan melalui telepon genggam atau PDA.
Tidak terlalu banyak orang yang menggunakn software ini karena keterbatasan fiturnya,namun sangat popular untuk para pengguna mobile phone dan PDA karena hamper semua Mobile Phone /PDA memiliki software default OPERA.

4. Safari
Safari adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc.,yang awalnya ditunjukan khusus bagi system operasi Mac Os. Safari dibundel bersama Mac Os X dan merupak n penjelajah web default disistem operasi sejak Mac Os X v 10.3. Sebelumya dari tahun 1997 hingga 2003,Mac Os X menggunakan Internet Explore for Mac sebagai penjelajah web default. Pada 11 juni 2007,versi preview untuk windows dari safari diperkenalkan pada konferensi sedunia pengembang Apple di San Fransisco.

5. Netscape
Netscape navigator merupakan browser web yang terkenal pada era 1990-an dan paling banyak digunakan sebelum kemunculan IE dari Microsoft,yang dibuat oleh netscape corporation. Pada zamannya,netscape banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan yang lainnya pada saat itu. Netscape tersedia dalam platform windows 16-bit (Win16),windows 32-bit (Win32),UNIX,serta Macintosh.
Netscape navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center For Supercomputing Applications (NCSA). Pada tahun 1999,Netscape corporation daikusisi oleh Amerika Online (AOL),dan proyekGecko yang sedang dibuat oleh netscape pun dibuat terbuka kode sumbernya (open source) setelah netscape mendirikan proyek Mozila.org. Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa netscape navigator adalah browser web yang merupakan gagasan bagi browser Mozila Firefox.

6. Konqueror
Konqueror adalah sebuah browser web untuk system operasi Linux berbasis KDE. Browser web ini adalah Browser web standar pada Linux. Selain bisa digunakan untuk menjelajah web,conqueror ini juga dapat digunakan untuk menjelajah isi computer dan juga bisa digunakan menjadi penampil dokemen universal. Selain mendukung fungsi standar,Konqueror juga mendukung tabbed browsing,shell,dan mendukung penampil identitas browser yang dapat diubah kesejumlah besar nama browser,misalnya mozila firefox,dan lain-lain.

Download File Pdf-Nya Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar