Input Device
Input device 
berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam 
suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang 
diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat 
berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk 
data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance 
input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang 
dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data 
dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai 
alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang 
demikian disebut sebagai terminal. Terminal dapat dihubungkan ke sistem 
komputer dengan menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi. 
Terminal dapat digolongkan menjadi
Non intelligent terminal 
Hanya berfungsi sebagai alat memasukkan input dan penampil output, 
dan tidak bias diprogram karena tidak mempunyai alat pemroses. Peralatan
 seperti ini juga disebut sebagai dumb terminal.
Smart terminal
Smart terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya 
sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali. 
Walaupun demikian, terminal jenis ini tidak dapat diprogram oleh 
pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya.
Intelligent terminal. 
Intelligent terminal dapat diprogram oleh pemakai. Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input digolongkan menjadi :
- Alat input langsung
Yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. 
Contohnya keyboard, pointing device (misalnya mouse, touch screen, light
 pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink 
character recognition, optical data reader atau optical character 
recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice 
recognizer (misalnya microphone).
- Alat input tidak langsung
Yaitu melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat 
pemroses. Contohnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card 
(kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita 
(tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam
 data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum 
diproses lebih lanjut. 
Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu 
pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan 
huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) 
untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti 
menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal 
dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher 
Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan 
oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah 
jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard 
standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada 
keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal 
memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard
- QWERTY
- DVORAK
- KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang 
bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY 
memiliki empat bagian yaitu :
- typewriter key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan
 tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya 
sebagaimana berikut :
- Back Space Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
- Caps Lock Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
- Delete Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
- Esc Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
- End Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
- Enter Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
- Home Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
- Insert Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
- Page Up Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
- Page Down Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
- Tab Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
- numeric key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri 
atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka 
tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati 
maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
- function key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini 
terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari 
program komputer yang digunakan.
- special function key.
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan 
mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. 
Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, 
untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key. 
Mouse 
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini 
adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, 
dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. 
Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah 
berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik 
sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam 
mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse
 terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu
 tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan 
tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. 
Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana 
penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk,
 tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan 
diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan 
menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya 
dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah 
atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol 
kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda 
(double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut 
dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu 
mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless 
Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan 
notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini 
dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model 
unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball. 
Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi 
dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor
 yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam,
 dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik 
setiap baris per detik 
Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick 
biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk 
kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol 
yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Barcode 
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini 
adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau 
garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk 
angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan,
 minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di 
supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi 
produk yang dijualnya dengan barcode. 
Scanner 
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau 
menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori 
komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk 
ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, 
perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas 
sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih 
dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan 
kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file 
gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa 
digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa 
digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR 
yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan 
umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang 
disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang 
beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan 
biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character 
Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital 
Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk 
koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir 
untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab 
menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti
 pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa. 
Kamera Digital 
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu 
menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital 
dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan 
cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari 
kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan 
alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital 
tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil 
dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam 
bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. 
Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam 
jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai 
dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti 
halnya video. 
Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang 
akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. 
Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada
 orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini 
tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk 
menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan 
suara 
Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan 
bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics 
Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek 
pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama,
 menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai 
bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan
 membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). 
Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat
 X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive 
pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan 
kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
Sumber : http://rudihd.wordpress.com/2007/05/21/perangkat-keras-komputer-input-device/
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar