Jumat, 17 Februari 2012

Membuat Power supply 5 volt

Dalam sebuah rangkaian elektronika baik yang analog mapun yang digital sering kali membutuhkan sumber tegangan 5 volt DC, dalam logika digital TTL (transistor transistor logic)  tegangan 5 volt merepresentasikan logika high (1) sedangkan 0 volt mewakili logika low (0).

Sumber tegangan DC dapat kita peroleh dari baterai tapi, baterai yang terdapat dipasaran biasanya tegangannnya berkisar 1,5 volt dan 9 volt, salah satu kelemahan dalam menggunakan baterai ialah baterai bukanlah sumber energi yang dapat bertahan lama (unrechargeable) walaupun ada jenis baterai yang dapat diisi ulang.

Untuk mengatasi maslah ini kita dapat meembuat power supply sederhana dengan komponen-komponen yang banyak terdapat dipasaran dan harganya murah, seperti transformator, kapasitor 2200 mikrofarad dan 1000 mikrofarad, dioda bridge, serta voltage regulator IC 7805. berikut rangkaiannya.

 
gambar rangkaian dan grafik keluraan
Penjelasan rangkaian

Sumber 220 volt AC diperoleh dari sumer listrik PLN lalu kita turunkan dengan menggunakan transformator, tegangan dari transformator ini masih bolak balik jadi kita searahkan dengan dioda bridge( full wave rectifier), sekarang tegangan telah menjadi searah dan kita stabilkan dengan kapasitor 2200 mkrofarad, voltage regulator serta kapasitor 1000 mikrofarad.

Kita lihat dari hasil grafik bahwa diperlukan waktu beberapa saat untuk menunggu tegangan menjadi stabil (pelajari waktu pengisian kapasitor).

Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar