Selasa, 14 Februari 2012

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DISPLAY PENGUMUMAN YANG DITAMPILKAN PADA DOT MATRIX DIKIRIM MELALUI SHORT MESSAGE SERVICE(SMS)


Pengumuman adalah suatu informasi yang dibuat oleh seseorang agar orang lain tahu akan informasi yang akan disampaikan. Biasanya pengumuman disampaikan dalam bentuk suara, tulisan bahkan lembaran kertas. Karena perkembangan teknologi yang sangat pesat, informasi yang berbentuk lembaran kertas yang biasanya dipasang di dinding sering kali diabaikan atau tidak terbaca.
Contoh sebuah kasus, seorang dosen ingin membuat pengumuman untuk mahasiswa yang mengikuti mata kuliahnya. Dosen tersebut berada diluar kota karena suatu alasan tertentu yang tidak bisa ditinggalkan. Dosen tersebut menghubungi bagian Tata Usaha melalui telepon atau mengirim Short Message Service (SMS) untuk dibuatkan sebuah pengumuman, tetapi sering kali pengumuman yang dibuat tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh dosen tersebut.

Berikut diagram blok dalam pembuatannya:


Prinsip kerja alat secara garis besar adalah sebagai berikut:
1. Pesan yang berupa pengumuman yang akan ditampilkan dikirim melalui sebuah handphone yang terpisah dari alat pengendali, dengan cara setiap pesan yang dikirim diakhiri tanda pagar ‘#’.
2. Setelah pesan yang berupa pengumuman tersebut dikirim maka handphone yang terhubung dengan alat pengendali tersebut akan menerima pesan tersebut, kemudian pesan tersebut akan diolah didalam mikrokontroller.
3. Setelah data yang ada diolah didalam mikrokontroller, data tersebut ditampilkan melalui dot matrix yang telah ada. Pesan yang ditampilkan melalui dot matrix tersebut akan tampak seperti berjalan karena pesan tersebut digeser sehingga seluruh pesan yang dikirim dapat dibaca secara keseluruhan.

Perangkat keras yang dibutuhkan dalam pembuatan tugas akhir ini terdiri dari beberapa blok bagian yaitu :
a. Catu daya

b. Sensor SMS (Short Message Service)


c. Sistem minimum mikrokontroler
d. Rangkaian driver dot matrix



 

Hasil Penelitian seperti pada gambar di bawah ini:

Tampilan pada Ponsel Pengirim

Tampilan pada Dot Matrix 1
  
Tampilan pada Dot Matrix 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar