Sabtu, 22 Oktober 2011


Cara Mengetahui Terpasangnya Keylogger pd Komputer....!!

hai brow Hati-hati loh kalau berinternet di warnet. Bisa saja pada komputer di warnet itu diinstall suatu perangkat lunak yang dikenal dengan istilah keylogger yang mencatat semua tekanan tombol keyboard.

Catatan yang disimpan dalam suatu file it dpat dilihat scara lengkap oleh si pemasang keyloger. Di dalamnya bisa terdapat informasi seperti aplikasi tempat penekanan tombol dilakukan dan waktu penekanan. Dengan cara ini, seseorang bisa mengetahui username, password dan berbagai informasi lain yang dimasukkan dengan cara pengetikan.

Pada tingkat yang lebih canggih, keylogger mengirimkan log yang biasanya berupa file teks itu ke seseorang. Tentu saja itu dilakukan tanpa sepengetahuan si korban. Pada tingkat ini pula keylogger bisa mengaktifkan diri ketika pengguna komputer melakukan tindakan tertentu.Misalnya begini ne, Ketika pengguna komputer membuka situs e-banking, keylogger aktif dan mencatat semua tekanan pada keylogger aktif dan mencatat semua tekanan pada keyboard aktif dan mencatat semua tekanan pada keyboard di situs itu dengan harapan nomor PIN dapat dicatat.
...
Keylogger ini cukup berbahaya karena secanggih apa pun enkripsi yang diterapkan oleh suatu website, password tetap dapat diambil. Pasalnya, password itu diambil sebelum sempat dienkripsi oleh system. Jelas dong. Keylogger merekam sesaat setelah password diketikkan dan belum diproses oleh system.Keylogger adalah program spy.. ia akan mencatat segala aktivitas yang kita lakukan di suatu komputer dan menyimpan semua informasi kedalam log file. Bekerja dengan mendeteksi signal keyboard yang kita tekan. Awal mulanya program ini ditujukan bagi orang tua agar bisa mengontrol aktifitas anak2 mereka di komputer. Namun, oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab, program ini digunakan untuk memata2i dan mencuri informasi2 yang mungkin penting untuk mereka (password email, nick, channel irc, dll).

Pertanyaan pun muncul.. Bagai mana saya mengetahui di suatu komputer ada key loggernya?(di OS under windows, karena warnet2 sebagian besar menggunakan ms windows untuk client)

nah Jawabannya adalah dengan membuka file2 registrasi.. Sebagai contoh (dan memang mudah dilihat) msconfig.exe (start --> run --> msconfig) maka akan muncul menu "system Configuration Utility" click menu "startup" secara default akan muncul 5-6 item yaitu
1. scanregistry
2. TaskMonitor
3. System tray
4. load power profile
5. schedulingAgen

nah misalnya di sna ada ke-5 bacaan it,berarti it pertanda klo komputer it udah terpasang keylogger.utk menonaktifkan keylogger pada kmputer it,kalian tggal hlangkan aj centang na,truz restart deh komputernya..

nah sekian info dari saya y...jgan bosan" utk mampir lgy..karna akn ad tips" baru lagy..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar