Sabtu, 22 Oktober 2011


Tips Mempercepat Shutdown & Restart

Virtual memory atau yang lebih dikenal dengan nama swap file, merupakan memori bohong-bohongan yang diletakan dalam hardisk. Pada dasarnya virtual memory berguna jika RAM yang terdapat di sistem sudah tidak mencuukupi sehingga dipakailah ruang hardisk sebagai tempat penyimpanan sementara. Karena itu tidak mengherankan jika ukuran virtual memory bisa di setting sampai dua kalinya RAM sistem.

Tapi tahukah Anda, besar kecilnya virtual memory dapat mempengaruhi kecepatan shutdown atau restart Windows. Semakin besar virtual memory semakin lama pula Windows melakukan restart atau shutdown.


Begini caranya untuk mengatasinya…

  • Klik menu Start –> lalu ketik Local Security Policy.

  • Atau coba ketikkan secpol.msc di menu Start. Lihat kolom sebelah kiri, lalu pilih security settings –> Local policies –> Security Options –> Shutdown : Clear Virtual memory pagefile. Set value menjadi Disabled.

Anda memiliki RAM sistem yang besar? Anda dapat pula menyetting supaya Windows berjalan tanpa virtual memory dengan cara berikut ini…


  • Klik kanan Computer –> Properties –> Advanced system setting.

  • Klik Settings pada bagian performance, pada jendela Perfomance Options klik tab Advanced.

  • Di bagian virtual memory klik Change. Disitu Anda bisa melihat dikandar mana XP menaruh virtual memory.

  • Untuk mendisable penggunaan virtual memory pilih kandar dimana Windows XP menaruh virtual memory (pagefile.sys), lalu klik No Paging File, dilanjutkan dengan mengklik Set. Setelah itu restart komputer Anda.


Virtual Memory ini juga bisa dibilang sebagai buah simalakama. Misalnya, jika Anda ingin mempercepat shutdown atau restart dengan men-disable fitur shutdown : clear virtual memory pagefile pada Local Policy Security, sistem Anda jadi kurang aman karena [censored] bisa saja melihat-lihat isinya. Sebaliknya jika Anda tidak memakai virtual memory , bisa-bisa sistem Anda jadi kurang stabil.

Sebagai jalan tengah, bagi Anda yang memiliki RAM sistem berukuran besar , ada baiknya menggunakan sedikit virtuan memory. Sebagai contoh jika Anda memiliki 2GB RAM, Anda bisa memakai virtual memory sebesar 128 atau 64 dengan tetap menyetel Shutdown : Clear Virtual Memory menjadi Enable. Besar kecilnya Virtual Memory dapat disesuaikan dengan kebutuhan ruang hardisk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar