Minggu, 23 Oktober 2011

Hardware agar Komputer dapat bekerja dengan Dua Monitor 


Terkadang bekerja dengan satu tampilan layar monitor saja belumlah cukup. Pengguna komputer sebenarnya bisa menambahkan satu monitor lagi dalam satu komputer, sehingga tampilan layar monitor bisa terlihat lebih luas. Tidak hanya tampilan layar menjadi lebih luas, tetapi dengan menggunakan dua monitor pengguna komputer juga dapat menampilkan dua pekerjaan yang berbeda di dua layar monitor. Menarik bukan?
Sebagai contoh, ketika sedang melihat-lihat koleksi gambar yang ada di komputer, kita dapat melihat thumbnail gambar di satu monitor sementara monitor lainnya dapat digunakan untuk menampilkan satu gambar dengan tampilan utuh. Atau monitor satu digunakan untuk browsing gambar-gambar, sementara monitor lainnya untuk meng-edit gambar menggunakan software pengolah gambar.
Contoh lain, pengguna komputer dapat bekerja dengan menampilkan inbox e-mail di satu monitor, sementara monitor lainnya dapat digunakan untuk menampilkan pekerjaan lainnya.
Mungkinkah itu dilakukan?
Jawabannya adalah kenapa tidak, bukankah kata orang tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini?
Yang perlu dilakukan adalah cukup membeli satu monitor lagi, tidak perlu yang mahal yang second juga bisa. Hubungkan kedua monitor ke dalam komputer. Kemudian lakukan Set-Up atau konfigurasi dua monitor agar dapat memperluas pandangan di layar monitor atau menampilkan dua pekerjaan yang berbeda di masing-masing layar monitor.
Sebelum melakukan Set-Up atau konfigurasi di komputer, periksalah terlebih dahulu kelengkapan hardware di komputer yang akan digunakan:
  1. Kelengkapan Hardware di komputer Desktop. Umumnya, jenis komputer Desktop saat ini sudah mendukung penggunaan dua monitor tanpa memerlukan tambahan hardware. Untuk memastikan apakah komputer Desktop yang digunakan memiliki lebih dari satu konektor untuk monitor, lihatlah di bagian belakang komputer dan periksalah apakah terdapat dua buah konektor VGA atau dua buah konektor DVI, atau satu konektor VGA dan satu konektor DVI. Apabila ada, maka komputer Desktop sudah siap untuk dapat menggunakan dua monitor. Apabila ternyata hanya ada satu konektor VGA atau DVI, maka perlu ditambahkan satu lagi Video Adapter jenis VGA ataupun DVI. Atau ganti Video Adapter dengan Video Adapter yang memiliki dua konektor VGA ataupun DVI.
  2. Hardware di Laptop atau Netbook. Jenis-jenis Laptop atau Netbook saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan konektor VGA atau DVI. Cukup hubungkan monitor kedua melalui konektor VGA atau DVI yang tersedia, lalu restart Laptop/Netbook untuk mendeteksi keberadaan tambahan monitor tersebut, kemudian lakukanlah setting display monitor.
Setelah hardware di komputer memungkinkan untuk menambahkan satu monitor lagi, langkah selanjutnya adalah melakukan Set-Up atau konfigurasi di Sistem Operasi komputer yang digunakan.
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar