Minggu, 23 Oktober 2011



Tips Menulis Dalam Bahasa Inggris

Menulis artikel itu memang menyenangkan. Tidak hanya menyenangkan tetapi juga bisa menambah ilmu dan wawasan, karena dalam menulis ada proses membaca dan memahami sebelum menuliskannya kembali sesuai gaya bahasa kita.
Tapi bagaimana apabila tulisan yang diinginkan adalah tulisan berbahasa Inggris? Tentu bukan hal yang sulit bagi mereka yang memang mahir berbahasa Inggris. Lain halnya bagi yang bahasa Inggrisnya pas-pasan.. uh.. rasanya pasti sulit dan menyebalkan bukan?
Lalu bagaimana? apakah impian memiliki tulisan berbahasa Inggris hanya tinggal menjadi impian?.. Tenang saja, berikut ini akan Saya sampaikan tips sederhana untuk mendapatkan tulisan berbahasa Inggris. Kita cukup melakukan tiga langkah sederhana:
  • Tulis artikel berbahasa Indonesia,
  • Terjemahkan,
  • Cek Spell/Grammar dan perbaiki tulisan..
maka kita-pun sudah memiliki artikel berbahasa Inggris.
Langkah Pertama, Menulis Artikel Berbahasa Indonesia
Langkah ini tentu saja harus dilakukan sebelum mendapatkan artikel berbahasa Inggris, kecuali bagi mereka yang sudah mahir tentunya bisa langsung menulis ke dalam Bahasa Inggris dan langsung menuju Langkah Ketiga.
Langkah Kedua, Terjemahkan ke dalam Bahasa Inggris
Jangan kuatir, saat ini sudah banyak software penerjemah yang dapat kita manfaatkan. Kalau tidak mau repot, gunakan saja layanan terjemahan gratis milik Google (Baca artikelnya disini). Perhatikan hasil terjemahan yang diberikan Google, apabila terasa aneh lakukan edit seperlunya pada artikel berbahasa Indonesia yang sudah kita siapkan sebelumnya lalu terjemahkan ulang.
Langkah Ketiga, Lakukan pengecekan Spell dan Grammar
Ada banyak layanan pengecekan gratis yang diberikan secara online di Internet seperti yang diberikan oleh http://www.spellchecker.net/spellcheck/. Tetapi Saya menyarankan untuk menggunakan fasilitas pengecekan yang tersedia di Microsoft Word 2007. Buka Microsoft Word, Copy artikel yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris, lalu lakukan pengecekan melalui menu REVIEW|Spelling & Grammar. Perhatikan hasil pengecekan lalu lakukan perbaikan.

O ya, tips ini berlaku untuk segala macam keperluan loh.. tidak hanya untuk menulis artikel saja. Bisa juga untuk penulisan abstraksi skripsi atau tesis, bahkan disertasi. Untuk menulis buku juga bisa. Pokoknya untuk segala macam bentuk tulisan.

Selamat mencoba dan terus belajar. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar