Selasa, 18 Oktober 2011

Menginstal Operasi Linux



LAPORAN
PRAKTEK INSTALASI DAN JARINGAN KOMPUTER
“INSTALL SISTEM OPERASI LINUX


UNP


NAMA           :ILHAM RAMBU ANARKHIE
NIM / TM      : 03306/2008


TEKNIK ELEKTRONIKA
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2011


  1. TUJUAN
Setelah selesai melaksanakan praktikum ini mahasiswa diharapkan mampu untuk:
1.    Memahami fungsi dan peranan system operasi pada computer
2.    Melakukan partisi dan format harddisk pada system operasi linux
3.    Menginstall system operasi linux
4.    Menggunakan ssitem operasi linux

  1. TEORI SINGKAT:
1.  Linux
Linux adalah nama yang diberikan kepada system operasi computer bertipe unix.Linux merupakan hasil pengembangan perangkat lunak bebas(freeeware) dan sumber terbuka(open source).Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya,kode sumber (source code) Linux dapat dimodifikasi,digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun.
System operasi linux yang dikenal dengan istilah distribusi linux (linux distribution) atau distro linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web,bahasa pemrograman,basis data,tampilan desktop (desktop environment) (seperti GNOME,dan KDE),dan paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti openOffice.org,KOffice,Abiword,dan Ginumeric.
Contoh-contoh distribusi Lnux :
1.    Ubuntu dan derivatifnya: Sabily (ubuntumuslimedition), kubuntu, xubuntu, edubuntu, gobuntu
2.    SuSE
3.    Fedora
4.    Mandriva
5.    Slackware
6.    Debian
7.    PCLinuxOS
8.    Knoppix
9.    Xandros
2.  Instalasi
Proses instalasi linux yang sukar seringkali menjadi penghalang bagi pengguna baru,namun proses ini sekarang sudah menjadi lebih mudah.Dengan penerimaan linux oleg beberapa pabrikan PC,computer terpasang (built up) dengan distribusi linux siap pakai saat iini banyak tersedia.Selain itu,terdapat juga distribusi minux yang dapat dijalankan (boot) secara langsung dari CD tanpa perlu diinstalasi ke hard disk;hal ini dikenal dengan istilah live CD.Contoh distribusi dalam bentuk live CD adalah Knoppix/Gnoppix,Kubuntu/Ubuntu dan Gentoo.
Instalasi linux juga merupakan instalasi berupa suite,yaitu dimana penginstalasian tersebut secara otomatis mengistalasi program-program standar,seperti pemutar MP3,Office Suite,dan pengolah gambar.
3.  Ubuntu
Ubuntu adalah salah satu distribusi linux yang berbasiskan pada Debian.Proyek ubuntu disponsori oleh Cannonical Ltd (perusahaan milik mark Shurworth).Nama ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideology di Afrika Selatan.”ubuntu”berasal dari bahasa kuno Afrika,yang berarti “rasa perikemanusiaan terhadap sesame manusia”.Ubuntu juga bias berarti “aku adalah aku karena keberdaan kita semua”.Tujuan dari distribusi linux ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam ubuntu ke dalam perangkat lunak.
Ubuntu adalah system operasi lengkap berbasis linux,tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli professional.
Komunitas ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi ubuntu:
1.    Bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya.
2.    Bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dfan untuk yang mempunyai keterbatasan fisik,dan
3.    Bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan
4.  File Sistem di Linux
System operasi linux mendukung banyak file system yang berbeda,tapi pilihan yang umum untuk system di antaranya adalah keluarga ext* (seperti ext2,ext3 dan ext4) dan reiserFS.
1.    EXT2
Pada file system EXT2,file data tersimpan sebagai data blok.Data blok ini mempunyai panjang yang sama dan meskipun panjangnya bervariasi diantara EXT2 file system,besar blok tersebut ditentukan pada saat file system dibuat dengan perintah mk2fs.Jika besar blok adalah 1024 bytes,maka file dengan besar 1025 bytes akan memakai 2 blok.Ini berarti kita membuang setengah blok per file.EXT2 mendefenisikan topologi file system dengan memberikan arti bahwa setiap file pada system diasosiasikan dengan struktur data inode.sebuah inode menunjukkan blok mana dalam suatu file tentang hak akses setiap file,waktu modifikasi file,dan tipe file.Setipa file dalam EXT2 file system terdiri dari inode tunggal dan setiap inode mempunyai nomor identifikasi yang unik.Inode-inode file sitem disimpan dalam table inode.Direktori dalam EXT2 file system adalah file khusus yang mengandung pointer ke inode masing-masing isi direktori tersebut.
2.    EXT3
EXT3 file sistem3 adalah peningkatan dari EXT2 file sistem. Peningkatan ini memiliki beberapa keuntungan,diantaranya:
Ø  Setelah kegagalan sumber daya”unclean shutdown”,atau kerusakan sistem,EXT2 file sistem harus dimelalui proses pengecekan dengan program e2fsck.Proses ini dapat membuang waktu sehingga proses booting menjadi sangat lama,khususnya untuk disk besar yang mengandung banyak sekali data.Dalam proses ini,semua data tidak dapat diakses.Jurnal yang disediakan oleh EXT3 menyebabkan tidak perlu lagi dilakukan pengecekan data setelah kegagalan sistem.EXT3 hanya dicek bila ada kerusakan hardware seperti kerusakan hard disk,tetapi kejadian ini sanngat jarang.
Ø  Integritas dari EXT3 menjamin adanya integritas data setelah terjadi kerusakan atau “unclean shutdown”.EXT3 memungkinkan kita memilih jenis dan tipe proteksi dari data.
Ø  Kecepatan dari pada menulis data lebih cepat sekali,EXT3 mempunyai throughput yang lebih besar daripada EXT2 karena EXT3 memaksimalkan pergerakan head hard disk,kita bias memilih tiga jurnal mode untuk memaksimalkan kecepatan,tetapi integritas data tidak terjamin
Ø  Mudah dilakukan migrasi kita dapat berpindah dari EXT2 ke sistem EXT3 tanpa melakukan format ulang.



3.    EXT4
File system EXT4,generasi baru,pengembangan lebih lanjut dari filesystem EXT3.Filesystem EXT4 didesain untuk memberikan performance yang lebih baik dan peningkatan kemampuan.
4.    ReiserFS
Reiser file sistem memiliki jurnal yang cepat.Ciri-cirinya mirip EXT3 file sistem.Reiser file sistem lebih efisien dalam pemanfaatan ruang disk.
5.    SWAP
Swap merupakan partition yang boleh dibuat pada hard diak dan digunakan sebagai virtual memory.Dengan maksud,swap ini digunakan apabila memory internal(RAM) yang ada pada computer telah digunakan secara maksimum,maka swap akan digunakan untuk menampung memory tambahan.Swap tidak boleh digunakan untuk data.
  1. ALAT DAN BAHAN
Adapun alat dan bahan yang diperlukan dalam praktikum ini adalah :
1.    Computer multimedia
2.    Software sistemn operasi linux ubuntu

3.    LANGKAH KERJA
v  Menyiapkan CD installer ubuntu
v  Memasukkan CD installer ubuntu ke CD Rom/Rom driver,lalu restart PC yang ada,kemudian pilih bahasa inggris.
tutorubuntu1
v  Memilih install ubuntu pada baris kedua opsi penginstalan,jendela yang akan tampil seperti di bawah:
v  Menunggu CD installer loading selesai,lalu memilih bahasa yang ingin digunakan selama instalasi,lalu klik “forward”
v  Pada layar selanjutnya akan muncul peta dunia,menentukan lokasi dmana kita berada,karena ini akan menentukan jam dan tanggal computer kita,memilih Jakarta untuk WIB
v  Memilih keyboard,secara default keyboard akan memilih US.English,dan mayoritas keyboard computer yang beredar di Indonesia menggunakan layout ini,jendela yang tampil seperti gambar di bawah
v  Kemudian klik forward
v  Melakukan proses partisi dan memformat harddisk,jendela yang tampil seperti di bawah ini
v  Setelah selesai melakukan proses partisi,isi data profil Masukkan nama, nama untuk login , password untuk login, dan nama komputer sebagai identitas dalam network/jaringan.Setelah itu, klik forward. Jendela yang tampil seperti di bawah
v  Ubuntu siap untuk di install”ready to install”klik install
v  Ubuntu akan menyelesaikan proses penginstalan kurang dari 10 menit tergantung dari spek PC jendela yang tampil seperti di bawah
v  Tunggu sampai muncul jendela konfirmasi instalasi success seperti gambar di bawah ini
v  Keluarkan disk dari CD/DVD ROM setelah ada tulisan “Please remove the disk… dst,sehingga akan tampil jendela seperti gambar di bawah
v  Sesudah itu, Ubuntu akan memulai proses login:
v  Proses instalasi  linux UBUNTU sudah selesai melogin dengan username dan password yang telah ditentukan,jangan sampai lupa,jendela yang akan tampil seperti di bawah:

4.     KESIMPULAN
  1. Ubuntu adalah suatu sistem operasi open source yang bisa dikembangkan oleh siapa saja
  2. Kesulitan dalam melakukan instalasi dan pengoperasian ubuntu disebabkan Karena kita kurang familiar dengan ubuntu karena kita lebih familiar dengan windows
  3. Dalam melakukan proses instalasi ubuntu didapatkan kendala-kendala diantaranya loading lambat,dan optic drive kurang  bias dalam membaca  CD installer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar