LAPORAN JARINGAN
LAPORAN PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER I
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Komputer menurut “Hamacher” adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya,dan menghasilkan output berupa informasi, komputer merupakan sistem yang terdiri dari rangkaian komponen-komponen yang berbeda yang bekerja sama. Oleh sebab itu pada praktek ini akan dibahas bagaimana cara menginstalasi dari beberapa komponen yang berbeda hingga akhirnya komputer tersebut bisa bekerja.
B. TUJUAN
Setelah melakukan praktek ini mahasiswa diharapakan mampu :
1. Menginstalasi komponen PC dengan baik dan aman.
2. Mampu mengetahuai tindakan yang membahayakan dalam pemasangan komponen PC.
3. Mampu mengenal jenis, fungsi serta spesifikasi dari bermacam-macam hardware yang ada pada komputer.
C. POKOK MASALAH
Berdasarkan dari latar belakang maka
dapat diambil pokok masalahnya adalah bagaimana cara mengisntalasi
komponen-komponen pada komputer sehingga komputer dapat bekerja serta
mengetahui fungsi dan spesifikasi dari hardware pada komputer.
BAB II
LANDASAN TEORI
A. TEORI SINGKAT
Peralatan/ komponen pada PC meliputi
unit input, unit proses dan unit output. Unit input adalah perangkat
keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke
dalam komputer, unit proses adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi untuk mengolah data atau perintah yang diterima oleh alat
masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada bagian
output, sedangkan unit output adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian proses.
Supaya komputer dapat digunakan
untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut
dengan sistem komputer, secara umum sistem terdiri dari elemen-elemen
yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan
suatu tujuan pokok dari sistem tersebut. Tujuan pokok dari sistem
komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga
perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat
keras(hardware), perngkat lunak (software), dan brainware. Perangkat
kearas adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah
program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu,
dan brainware adalah manusia yang terlibat didalam mengoperasikan serta
mengatur sistem komputer.
Ketiga elemen sistem komputer
tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan.
Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa. Hanya
berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat
berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasaikannya.
B. ALAT-ALAT
1. Obeng Minus
2. Obeng bunga (plus)
3. Seperangkat komputer.
C. LANGKAH KERJA
- Berdoalah sebelum melakukan praktek, lalu persiapkan alat-alat yang diperlukan.
- Cabut kabel-kabel yang terhubung dengan CPU seperti kabel Mouse, Keyboard, VGA, Speaker, Power dan Printer.
- Buka cassing komputer dengan menggunakan obeng
- Cabut Kabel-kabel yang terhubung antara tiap-tiap hardware.
- Lepaskan tiap-tiap hardware komputer yang trerdapat didalam cassing satu persatu dimulai dari harddisk, Floppy drive, Cd-room, Memori (RAM) kemudian Prosesor.
- Untuk motherboard dan Power supply tidak perlu dilepas karena bisa langsung dibaca fitur-fiturnya.
- Amati tiap-tiap hardware yang telah dilepas dari cassing dengan mencatat spesifiksi, type, fitur serta merk dari hardware tersebut.
- Setelah melakukan pengamatan pasang kembali hardware yang telah dilepas dengan hati-hati.
- Rapikan kembali alat-alat yang telah dipergunakan
- Buat laporan sementara dari hasil pengamatan tentang hardware dari sebuah Komputer.
BAB III
PENGUMPULAN DATA
- Merk : Seagatte
- Model : ST3800 11 A
- Kapasitas : 80 GB
- Fitur : Kecepatan 7200 Rpm dan Slot Paralel
- Merk : Visipro
- Model : PC 2700
- Kapasitas : 256 MB
- Fitur : DDR 1
- Merk : Samsung
- Model : SW-252
- Fitur : Read & Writer Port Paralel
4. Floppy Disk
- Merk : Panasonic
- Model : JV – 256A178PC
- Type : 3 Inch
5. Power Supply
* Merk : Mentari
* Model : SD-P350ATX
* Fitur : ATX dan Daya 350 Watt
6. Prosesor
- Merk : INTEL
- Type : Pentium 4
- Kecepatan : 2,2 GHz
- FSB : 533
- Socket : 478
- Merk : MSI
- Chipset : VIA
- BIOS : Phoenix
- Fitur : Slot DDR 2 Buah, Slot IDE 2 Buah, Slot PCI 3 Buah, Slot AGP 1 buah, Slot AMR 1 Buah, Port PS/2 Mouse 1 buah, Port PS/2 Keyboard 1 buah, port Paralel 1 buah, port VGA, Port RJ 45(LAN), Port USB 4 buah, Port speaker 1 buah, microphone 1 buah, port Line in 1 buah.
BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN- Hardware merupakan perangkat keras atau peralatan dari komputer itu sendiri sedangkan software merupakan perangkat lunak dan biasanya berbenntuk program.
- Komputer terdiri dari 3 bagian yaitu input device, proses device dan output device.
- Hardware sangat yang perlu pada sebuah komputer agar ia dapat bekerja adalah Prosesor, Motherboard, harddisk, Cd room, Mouse Keyboard dan Monitor.
- Motherboard yang sudah dilengkapi dengan VGA disebut dengan VGA Onboard.
- Dalam melepas atau memasang prosesor sebaiknya dilakukan dengan hati-hati karena kaki pada prosesor sangat mudah patah, dan ini akan mengakibatkan kesalahan yang fatal.
- Dalam membongkar dan merakit hardware dilakukan memakai perasaan karena apabila dengan kekerasan akan menyebabkan hardware tersebut rusak.
- Apabila pada motherboard terdiri dari 2 slot IDE maka terlebih dahulu yang dipakai adalah IDE1.
LAPORAN PRAKTIKUM JARINGAN KOMPUTER II
A. TUJUAN
Dengan mengikuti perkulaihan ini mahasiswa diharapkan mampu :
1. Memahami dan mengerti tentang konsep dasar jaringan.
2. Mengetahui dan memahami komponen-komponen dalam membangun suatu jaringan computer.
B. ALAT DAN BAHAN
1. Kabel UTP isi 8
2. Konektor RG-58
3. Tang Klemp RG-58
4. Kabel Network Tester
5. NIC Jenis konektor UTP
C. TEORI SINGKAT
1. Konsep dasar jaringan Komputer
Jaringan
dalam bidang Komputer dapat diartikan dua atau lebih Komputer otonom
(bebas) yang dihubungkan sehingga dapat berhubungan, dapat
berkomunikasi dan saling mengetahui, pada jaringan computer yang
dikomunikasikan adalah data, satu computer dapat saling berhubungan
dengan computer lain dan saling berkomunikasai tanpa harus membawa
disket kesatu computer kekomputer lainnya, system jaringan computer
merupakan gabungan antara beberapa computer menggunkan interface berupa
kartu jaringan dan beberpa perangkat lunak lainnya.
Dengan
menerapkan system jaringan computer maka diperoleh beberapa keuntungan
yaitu : sumber daya bersama, hemat biaya, sentralisasi data, interaksi
antara pemakai dan lain sebagainya.
2. Jenis-jenis jaringan computer
Secara umum jaringan computer dibagi atas lima jenis, yaitu:
a. LAN (local area Network)
b. MAN ( metropolitan area network)
c. WAN ( wide Area Network)
d. Internet
e. Jaringan tanpa kabel
3. Topologi jaringan computer
Topologi jaringan computer terdiri atas beberapa jenis, yaitu :
a. Topologi Bus atau Daisy Chain
b. Toplogi Ring
c. Topologi Star
d. Topologi Mesh
e. Toplogi TREE
f. HYBIRD
4. Sistem pengkabelan
Ada
dua jenis kabel yang dikenal secara umum, yaitu twisted pair (UTP
unshielded twisted pair dan STP shielded twisted pair) dan coaxial
cable. Tipe kabel yang lain adalah fiber optic, tipe kabel ini
mempunyai kecepatan transfer data cukup tinggi, dengan demikian harga
untuk tipe kabel ini relative mahal.
5. Memasang konektor RG-45
Untuk
memasang konektor, harus diketahui susunan kabel yang akan dipasang
pada konektor RG-45 apakah untuk digunakan pada hub/switch ke PC atau
pemasangan dua buah computer saja.
D. LANGKAH KERJA
1. Siapkan peralatan yang akan digunakan untuk pemasangan kabel jenis straight dan crosht.
2. Potong
kabel UTP isi 8 dengan panjang minimal 2,5 meter (panjang minimum yang
distandarkan oleh IEEE agar tidak terjadi efek distorsi kabel jaringan)
3. Rapikan ujung kabel UTP hingga sama rata dan susun menjadi hubungan straight seperti pada table berikut :
Putih Orange
|
1
|
Putih Orange
|
Orange
|
2
|
Orange
|
Putih hijau
|
3
|
Putih hijau
|
Biru
|
4
|
Biru
|
Putih biru
|
5
|
Putih biru
|
Hijau
|
6
|
Hijau
|
Putih coklat
|
7
|
Putih coklat
|
Coklat
|
8
|
Coklat
|
4. Pasang kabel yang telah dirapikan dan disusun sesuai dengan table diatas kemudian pasang pada konektor RG-45
5. Dorong
ujung kabel hingga menyentuh ujung konektor kemudian pasang pada tang
klemp kabel kemudian ditekan hingga terdengar bunyi “klik” yang
menandakan penjepit konektor telah menjepit kabel.
6. Pasang ujung kabel lainya, kemudian ikuti langkah 3 hingga selesai.
7. Setelah
kedua ujung kabel terpasang konektor dengan benar, lakukan uji coba
dengan menggunakan kabel tester. Pasang kedua ujung kabel yang akan
diuji kebagian “transmitter” dan “receiver” kabel tester, kemudian
hidupkan peralatan transmitter yang sudah terpasang baterai catu daya.
8. Perhatikan
lampu LED indicator transmitter dan receiver, lampu transmitter akan
berkedip hidup mati berurutan mulai dari 1,2,3 hingga 8. Pastikan lampu
LED indicator pada perangkat receiver menyala berurutan seperti pada
lampu LED transmitter, jika ada yang tidak hidup berarti pemasangan ada
yang belum benar dan jika lampu LED indicator hidupnya tidak berurutan
seperti pada lapu transmitter berarti pemasangan kabel pada konektor
RG-45 ada yang belum tepat.
9. Buatlah hubungan kabel straight seperti pada table berikut ini :
Putih orange
|
1
|
Putih hijau
|
Orange
|
2
|
Hijau
|
Putih hijau
|
3
|
Putih orange
|
Biru
|
4
|
Biru
|
Putih biru
|
5
|
Putih biru
|
Hijau
|
6
|
Orange
|
Putih coklat
|
7
|
Putih coklat
|
Coklat
|
8
|
Coklat
|
10. Ulangi langkah 4 – 7, kemudian lakukan pengujian pemasangan kabel dengan menggunakan kabel tester.
E. KESIMPULAN
1. Yang
dinamakan hubungan straight adalah apabila susunan kabel yang dipangkal
dengan yang diujung adalah sama-sam tipe A atau sama-sama tipe B.
2. Yang
dinamakan Hubungan Crosh adalah apabila susunan kabel yang dipangkal
berbeda dengan diujung, misalnya dipangkal tipe A dan diujung tipe B,
atau dipangkal tipe B diujung tipe B.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar