Jumat, 07 Oktober 2011

Meningkatkan Traffic Blog Anda

Meningkatkan Traffic Blog Anda
Meningkatkan Traffic Blog Anda
blog im 150x150 Meningkatkan Traffic Blog AndaKemarin sore saya terlibat percakapan dengan salah satu teman tentang penurunan Google Page Rank (PR). Ia mengeluhkan blognya yang dihukum oleh Google dengan penurunan PR dari 4 menjadi 3. Pembicaraan kemudian berlanjut tentang bagaimana meningkatkan traffic pengunjung blog tanpa harus pusing memikirkan hukuman PR yang turun. Sebenarnya tiap tiap penyedia hosting memberikan pula layanan untuk meningkatkan traffic ini tetapi tentu saja hal tersebut tidak gratis.
Langkah paling penting untuk meningkatkan jumlah kunjungan ke blog kita adalah dengan memperhatikan konten atau isi dari blog kita.
Kita tidak bisa memaksa orang untuk berkunjung ke blog kita yang hanya berisi curahan hati atau curhat yang memang isinya (maaf) tidak begitu berguna bagi orang lain. Isilah blog dengan tulisan tulisan yang kira kira bermanfaat bagi orang banyak dan memang banyak di cari orang di mesin pencari/search engine.
Akan lebih baik kalau blog kita memilih tema. Misalkan budiridwin.web.id yang tulisannya lebih ditekankan kepada masalah masalah design, web design, website, SEO, musik, dan sedikit tentang teknologi informasi. Anda dapat memilih tema apa saja sesuai dengan bidang ilmu yang anda kuasai. Dengan tema maka anda akan dikelompokan oleh pengunjung anda ke dalam blog blog yang harus dikunjungi bila mereka menjumpai masalah sesuai dengan tema blog anda. Bila beruntung, blog anda akan di pajang di blogroll mereka sebagai salah satu cara mereka untuk mengingat blog anda.
Menulislah yang rajin. Anda memiliki sebuah blog berarti anda memang hobi menulis. Sudah barang tentu anda akan dengan senang hati untuk terus mengisi blog anda dengan tulisan tulisan. Semakin sering blog anda diperbaharui dengan tulisan maka akan semakin sering bot dari mesin pencari mengunjungi blog anda. Seperti halnya orang, semakin sering ketemu maka akan timbul rasa suka atau tertarik antara satu dengan yang lainnya. Demikian pula dengan tabiat mesin pencari, semakin sering blog anda dikunjungi maka semakin suka mesin pencari itu pada blog anda yang pada gilirannya tentu peringkat blog anda akan naik di mesin pencari tersebut.
Anda tentu pernah mendengar apa itu Search Engine Optimization (SEO). Bagi orang yang sudah malang melintang di dunia web, SEO sudah menjadi makanan sehari hari. Bila anda termasuk ke dalam kategori awam tentang SEO, anda tidak perlu khawatir, masih banyak jalan menuju Roma. Anda bisa menggunakan SEO tools gratisan yang banyak bertebaran di dunia maya. Salah satu penyedia SEO tools yang saya suka adalah mypagerank.net. Di dalamnya bisa anda temui berbagai SEO tools seperti SEO Stats, Google Datacenter check, Sitemap Submitter, Meta Tag Analysis, dan lain lain. Bila anda belum mengerti, anda bisa membaca panduan yang disediakan di web tersebut.
Bergabunglah dengan berbagai jenis Social Network yang ada di jagat maya. Jangan hanya Facebook yang kebetulan sedang ngetrend saat ini. Anda tidak boleh melupakan Twitter, LinkedIn, MySpace, Plurk, dan lain lain. Bila perlu, buatkan blog anda halaman/page di facebook sehingga anda bisa mengumpulkan teman atau pembaca setia blog anda yang kebetulan menjadi anggota facebook. Selain untuk menambah teman/pergaulan, tujuan kita bergabung di situs jejaring sosial ini adalah untuk memberikan informasi tentang tulisan baru di blog kita.
Rajin rajinlah mengunjungi blog teman dan berikanlah komentar disana. Jangan memberikan komentar yang sekedar sapaan yang tidak begitu penting. Berikanlah komentar yang ada hubungannya dengan isi tulisan yang anda komentari, dengan demikian anda kelihatan serius untuk berkunjung dan kemungkinan besar blog anda akan dikunjungi balik. Demikian pula sebaliknya bila ada pengunjung yang mengomentari tulisan anda, kunjungilah blognya untuk sekedar membalas kunjungan dan meninggalkan jejak berupa komentar. Dengan melakukan kegiatan ini, anda akan membuat jaringan pertemanan antar blog yang kuat sehingga pada gilirannya akan menambah pengunjung ke blog anda.
Jangan pernah putus asa. Perjuangan untuk meningkatkan traffic pengunjung bukan di dapat dengan cara instan. Memang ada berbagai trik untuk meningkatkan kunjungan secara instan tetapi karena instan maka kualitas kunjungan atau traffik juga akan instan alias naik turun. Bila peningkatan traffik dilakukan dengan cara cara diatas memang hasilnya agak lama tetapi peningkatan yang didapat lebih pasti dan bertahan lama. Jadi, jangan pantang menyerah untuk berusaha.
Sebenarnya masih banyak lagi cara yang tidak saya tulis karena keterbatasan waktu tetapi dengan melakukan beberapa poin diatas saja diharapkan sudah ada peningkatan traffic pengunjung ke blog anda. Semoga Bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar