Selasa, 18 Oktober 2011

Setan Dari Api, Apa Kebal Sama Api Neraka?


Seperti yang kita ketahui, setan diciptakan oleh Allah dari api. Dan karena keingkarannya terhadap perintah Allah, maka Allah telah mengutuk setan bahwa kelak di hari akhir, setan pasti akan kembali ke api neraka dan menjadi penghuni tetap neraka selama-lamanya. Naudzubillahimindzalik. Nah, bila setan diciptakan dari api, apakah setan akan menjadi kebal terhadap api neraka?
Wallahualam, hanya Allah yang maha mengetahui. Namun, bila kita analogikan dengan manusia, maka kita akan mendapat kesimpulan bahwa api neraka pasti bisa menghanguskan setan. Manusia terbuat dari tanah, apakah dia juga akan kuat bila kepalanya diketok dengan batu bata, yang juga terbuat dari tanah? Untuk mengetahuinya, silakan ambil barang-barang yang terbuat dari tanah, terus pukulkan benda tersebut ke kepala Anda. Hehe,
Dalam kehidupan real, kita tahu, bahwa kita akan merasa sakit bila terbentur sesuatu yang terbuat dari tanah, misal batu bata atau barang-barang gerabah. Atau fakta yang lain, sebagian besar tubuh kita adalah air, namun kita tidak tahan bila terkena api kecil dari sebatang korek api. Nah, begitu pula dengan setan. Walau diciptakan dari api, tapi pasti setan juga akan terbakar bila terkena api neraka. Kalau tidak, mengapa Allah menghukum setan menjadi penghuni tetap neraka, sedangkan setan kebal terhadap api neraka? Wallahualam.
Sulit dibuktikan memang. Namun, meski kita belum mengetahui kebenarannya, tapi kita wajib mempercayai bahwa Allah tidak akan membuat ketetapan yang sia-sia. Ketidak mampuan kita untuk menalar masalah ini membuktikan bahwa ilmu yang diajarkan Allah kepada manusia bagaikan setitik air di lautan samudra.
Oleh karena itu, mari kita tetap semangat belajar. Karena dengan belajar, kita akan semakin mengetahui kebesaran Allah, ke-esaan Allah, serta keluasan ilmu pengetahuan Allah. Dengan begitu, tidak akan ada alasan lagi untuk kita mengabaikan perintah-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar