Rabu, 12 Oktober 2011

DSNG



Digital Satellite News Gathering (DSNG) merupakan sistem penyampaian siaran (berita) secara langsung yang menggunakan satelit sebagai media komunikasinya. Karena menggunakan satelit maka DSNG merupakan sistem komunikasi satelit sehingga parameter dan perhitungannya pun mengikuti parameter dan perhitungan sistem komunikasi satelit. Sedangkan kata Digital bermakna bahwa modulasi yang digunakan adalah modulasi digital, umumnya QPSK.
DSNG disukai karena mobilitasnya sangat tinggi. Dengan system pentransmisian menggunakan satelit, DSNG dapat digunakan "dimana saja" tidak terikat dengan jarak antara sumber berita dengan studio siaran. DSNG juga merupakan system yang kompak dan relatif ringan sehingga dapat digunakan kapan saja. DSNG juga merupakan system yang simple sehingga waktu persiapan relatif cepat.

Dimana saja DSNG digunakan?

Seiring dengan makin tingginya intensitas dan keberagaman siaran langsung, DSNG tidak lagi hanya digunakan untuk menyampaiakan berita, namun lebih dari itu;
  1. Live report atau siaran berita langsung dari lapangan. Misal, penggerebekan jaringan teroris, liptan kemacetan lebaran, liputan kebakaran, liputan kerusuhan atau bentrokan dll.
  2. Live sport atau siaran olah raga langsung. Misal, piala dunia, liga champion, liga Indonesia, liga basket IBL, golf, F1, GP dll.
  3. Outdoor event atau siaran langsung di luar studio. Misal, konser musik, kampanye pemilu, pertemuan akbar partai politik dll.
  4. Event khusus misalnya telewicara (gambar dan suara) antar lokasi yang berjauhan.
Komponen-komponen penyusun DSNG dan perhitungan yang terkait dengan DSNG dibahas dalam sub bab Komponen Penyusun DSNG dan Perhitungan DSNG. Selain itu juga diberikan kiat/ trik untuk dapat bersiaran langsung dengan lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar