Selasa, 18 Oktober 2011

Apakah Anak Hasil Zina Bisa Masuk Surga?


Apakah anak hasil zina bisa masuk surga jika menjadi hamba yang taat kepada Allah, ataukah dia ditakdirkan masuk neraka untuk selamanya? Dan apakah dia ikut menanggung dosa zina orang tuanya?
Anak hasil zina tidak ikut menanggung dosa karena perbuatan zina dan dosa kedua orang tuanya. Sebab hal tersebut bukan perbuatannya, tetapi perbuatan kedua orang tuanya, karena itu dosanya akan ditanggung mereka berdua. Allah berfirman, "Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya." (Q.S. Al-Baqarah:268)
Dan firman-Nya pula, "Dan seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain." (Q.S. Al-An'am:164)
Berkaitan dengan statusnya dia seperti halnya orang lain. Kalau taat kepada Allah, beramal shalih dan mati dalam keadaan islam, maka mendapat surga. Sedang, jika bermaksiat dan mati dalam keadaan kafir maka ia termasuk penghuni neraka. Dan jika mencampuradukkan antara amal shaleh dan amal buruk serta mati dalam keadaan islam maka statusnya terserah kepada Allah; bisa mendapat pengampunan-Nya atau dihukum di neraka terlebih dahulu sesuai dengan kehendak-Nya, namun tempat kembalinya adalah surga berkat karunia dan rahmat Allah.
Adapun ungkapan yang mengatakan, "Tidak dapat masuk surga anak hasil zina" maka ini adalah hadits maudhu (palsu).
Hanya kepada Allah kita memohon taufik-Nya. Semoga shalawat dan salam tetao tercurah kepada Nabi Muhammad, keluarga, dan para sahabatnya. (Lajnah ad-Damah Lil Ifta, Fatawa Islamiyah 4/522)


Sumber : Majalah Ar-Risalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar